Manfaat Mendidik Anak Mengenai Seksualitas

Posted by Ardian on 14:39 | No comments

Manfaat Mendidik Anak Mengenai Seksualitas

Manfaat Mendidik Anak Mengenai Seksualitas,- Pembahasan tentang seks bukan hanya seputar hubungan seksual pria dengan wanita yang kerap dinilai tabu untuk dibicarakan sebelum anak berusia dewasa. Jika dilakukan dengan tepat, diskusi ini justru akan memperluas pemahaman dan menjadi dasar mereka untuk mengambil keputusan seputar seksualitas di masa yang akan datang.


Orang tua Anda dahulu mungkin tidak pernah mengajak berdiskusi tentang seks dan Anda merasa semua baik-baik saja. Namun situasi yang dihadapi anak Anda sekarang jauh berbeda. Cobalah untuk mempertimbangkan alasan-alasan berikut ini tentang perlunya Anda memperkenalkan anak tentang seksualitas.

1. Menangkal efek buruk media dan lingkungan
Kini anak-anak makin mudah mendapatkan akses internet dan TV. Hubungan pertemanannya pun lebih luas dan beragam. Membahas seks dapat melindungi anak Anda dari efek negatif TV atau media informasi lainnya. Berikan juga mereka pemahaman mengenai dunia pergaulan agar tidak terjerumus kepada hubungan seks bebas atau tindakan kriminal.

2. Membangun kepercayaan antara orang tua dengan anak
Membahas seks secara terbuka dengan anak justru memberi Anda kesempatan untuk memberikan informasi yang sesuai dan akurat. Dengan begitu anak tidak akan mencari-cari sumber sendiri yang belum tentu aman dan tepat. Selain itu anak akan lebih percaya dan terbuka karena dia tahu bahwa Anda dapat diajak bicara tentang hal yang paling pribadi sekalipun.

3. Mendukung perkembangan dan pemahaman anak
Mendiskusikan tentang seks membuat anak menyadari bahwa dia harus melindungi dan menghargai tubuhnya sendiri.
  • Jika dilakukan dengan cara yang tepat, membahas tentang seks justru akan membuat anak Anda menganggapnya sebagai hal yang penting. Bukan sebagai permainan yang dapat dicoba kapan saja. 
  • Anak akan menyadari bahwa tidak ada yang boleh memaksanya melakukan atau menerima perlakuan buruk pada tubuhnya.
  • Pemahaman yang tepat bisa membuat anak belajar untuk memilih, bersikap, dan bertanggung jawab atas perbuatannya.
  • Penelitian membuktikan bahwa anak dari orang tua yang mendiskusikan seks secara terbuka, lebih mampu memilih menunggu waktu dan pasangan yang tepat untuk berhubungan seksual.
  • Pembelajaran anatomi tubuh pada mata pelajaran biologi di sekolah akan menjadi lebih lengkap dengan adanya Anda yang memberikan pemahaman tentang penghargaan terhadap tubuh dan hubungan seksual antara pria dan wanita.
  • Seks adalah hal yang sangat penting dan indah. Di dalamnya terkandung banyak aspek mulai dari budaya, agama, moral, hingga konsep manusia tentang kebahagiaan. Membicarakannya dengan baik-baik akan membuat anak Anda, pada nantinya, mampu melihat dunia dan diri sendiri secara beradab dan menentukan pilihan-pilihan yang tepat.
referensi : http://www.alodokter.com/pendidikan-seksual-untuk-anak

Itulah informasi seputar Manfaat Mendidik Anak Mengenai Seksualitas yang mungkin dapat membantu anda. Semoga informasi yang telah saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Kesehatan Lainnya :

Cara Melangsingkan Tubuh Setelah Melahirkan
Obat Pengapuran Tulang Sendi Herbal
Manfaat Daun Jambu Biji
Cara Menghilangkan Jerawat Batu
Obat Herbal Biduran

Manfaat Mendidik Anak Mengenai Seksualitas

0 komentar:

Post a Comment